PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT
Input
Input adalah suatu proses masukan (memasukan data atau memberikan perintah) kepada komputer agar nantinya di proses, untuk melakukan proses input kita membutuhkan sebuah perangkat dimana perangkat ini dinamakan Perangkat Input dan biasanya Perangkat Input ini bersifat hardware (perangkat keras). Macam - macam Perangkat Input antara lain, seperti berikut:1. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang paling umum digunakan pada komputer, dimana dengan menggunakan keyboard kita bisa memasukan huruf, angka, karakter khusus, atau perintah - perintah yang kita inginkan. Bentuk dari keyboard itu sendiri bermacam - macam ada yang QWERTY (seperti gambar di bawah), DVORAK, KLOCKENBERG, dan semacamnya, tapi yang paling umum digunakan itu keyboard QWERTY.
Input adalah suatu proses masukan (memasukan data atau memberikan perintah) kepada komputer agar nantinya di proses, untuk melakukan proses input kita membutuhkan sebuah perangkat dimana perangkat ini dinamakan Perangkat Input dan biasanya Perangkat Input ini bersifat hardware (perangkat keras). Macam - macam Perangkat Input antara lain, seperti berikut:1. Keyboard
Keyboard merupakan perangkat input yang paling umum digunakan pada komputer, dimana dengan menggunakan keyboard kita bisa memasukan huruf, angka, karakter khusus, atau perintah - perintah yang kita inginkan. Bentuk dari keyboard itu sendiri bermacam - macam ada yang QWERTY (seperti gambar di bawah), DVORAK, KLOCKENBERG, dan semacamnya, tapi yang paling umum digunakan itu keyboard QWERTY.
2. Mouse
Mouse ini tidak kalah penting dengan keyboard, dengan menggunakan mouse kita dapat memindahkan dan menggunakan kursor sesuai dengan keinginan kita. Mouse ini sudah ada yang menggunakan wireless dan kabel, seiring perkembangan zaman bentuk mouse berbeda - beda sesuai dengan kebutuhan.
3. Touchpad
Touchpad ini fungsinya sama seperti mouse, tetapi touchpad ini biasanya ditemukan pada laptop atau notebook. Untuk menggerakan kursor, kita bisa melakukannya dengan cara menyentuhkan jari kita ke bagian touchpad.
4. Microphone dan Headphone
Microphone ini dapat merekam suara atau mengambil suara dan nanti nya akan disimpan di memori komputer, selain itu kita bisa mengobrol dengan orang lain menggunakan microphone ini. Dimana suara kita akan terdengar pada lawan bicara kita.
5. Webcam
Webcam ini dapat mengabadikan aktifitas yang sedang kita lakukan di depan komputer, biasanya orang menggunakan webcam untuk chatting secara bertatap muka.
6. Scanner
Scanner merupakan alat yang dapat memindai kertas berupa text atau gambar, hasilnya akan tampil di layar monitor, hasil tersebut bisa kita edit ataupun bisa kita cetak kembali.
7. Barcode Scanner
Barcode dapat menterjemahkan kode yang berbentuk kotak - kotak atau garis - garis tebal secara vertikal, setelah diterjemahkan hasilnya akan berbentuk angka yang muncul pada layar monitor.
8. Kamera Digital
Kamera ini dapat mengabadikan momen sehari - hari, bisa berbentuk foto atau pun video. untuk kualitas fotonya tergantu pixel yang ada pada kamera tersebut, semangkin tinggil pixel yang didapat semakin bagus kualiats foto yang ada. Gambar disimpan memlalui memori kamera, yang nantinya dapat dipindahkan / ditampilkan pada layar monitor.
9. Light pen
Light pen merupakan pointer elektronik yang dapat bersentuhan secara langsung dengan layar monitor.
10. Joystick
Joystick digunakan hanya untuk pelengkap saat bermain games, dengan menggunakan ini kita lebih gampang untuk memainkannya.
Output
Output adalah hasil pemrosesan dari pengolahan data yang nantinya berbentuk informasi. Macam - macam Perangkat Output antara lain, seperti berikut:
1. Monitor
Monitor dapat menampilkan hasil yang berbentuk teks, gambar dan video atau Monitor dapat menampilkan segala aktifitas yang ada pada komputer.
2. Printer
Printer merupakan alat yang cetak yang dapat mencetak teks atau gambar yang nantinya hasil dari teks atau gambar tersebut akan berada di kertas. Ukuran kertas pada printer ini terbatas.
3. Proyektor
Proyektor ini fungsinya seperti monitor yaitu untuk menampilkan hasil yang telah diproses. Dengan menampilkan sebuah bayangan dari objek tersebut, infocus ini membutuhkan media lagi (dinding) agar gambar tersebut muncul.
EmoticonEmoticon